Apa itu e-Commerce ?

Kemarin rekan kerja saya di kantor membelikan anaknya sebuah baju dan sepatu untuk hadiah Natal. Dia mengatakan kalau sekarang belanja sesuatu itu gampang, tinggal buka Instagram, lihat produk-produk yang dijual dan kalau cocok uangnya dtransfer terus sisa menunggu barangnya datang. Kita tidak perlu datang ke toko penjual tersebut. Kita dapat membeli barang kapanpun kita inginkan. Dengan Adanya internet telah mendobrak batasan ruang dan waktu.

3D rendering of the word e-commerce connected to a computer mouse

Kegiatan teman saya tersebut di atas merupakan transaksi di dunia e-Commerce. Apa sebenarnya e-Commerce itu ? e-Commerce merupakan akronim dari electronic commerce. Secara harafiah e-commerce diartikan perdagangan elektronik. Sederhananya, kita akan memahami e-commerce sebagai proses transaksi jual beli barang dan jasa dengan media elektronik (dalam hal ini peran utamanya adalah internet) bertujuan mencapai proft/nilai komersil.

Salah satu keuntungan e-commerce adalah untuk menjual suatu produk dan jasa kita tidak perlu membutuhkan toko atau kantor besar seperti yang dilakukan oleh bisnis manual sebagai tempat usaha. Tapi cukup dengan memanfaatkan internet maka kita dapat berjualan dari rumah saja dengan calon konsumen yang tidak terbatas.

Manfaat internet dalam dunia usaha memang sungguh besar. Kehadiran dan perkembangan internet telah memberikan banyak manfaat di berbagai bidang kehidupan manusia. Arus informasi dan ilmu pengetahuan yang bebas diakses, membuat banyaknya daerah yang buta akan informasi perlahan-lahan menjadi mengerti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s