Mencari Data yang Sama dalam Dua Kolom pada Microsoft Excel

Dalam mengolah data dengan Microsoft Excel, adakalanya kita dihadapkan pada kasus membandingkan kelompok data yang terdapat pada dua kolom yang berbeda. Kasus ini saya dapat pada pekerjaan saya yaitu mencari data nasabah yang saldo simpanannya mengalami penurunan/naik untuk periode bulan Agustus dan September. Kalau datanya sedikit (mungkin puluhan) mencari secara manual tidak masalah tapi kalau datanya sudah ribuan cara tercepat yaitu dengan menggunakan rumus pada Microsoft Excel.

              Contoh kasus saya kali ini seperti data berikut. Dimana kita memiliki dua kelompok data nasabah. Kelompok pertama ada pada kolom A,B,C, dan kelompok kedua ada pada kolom E,F,G.

gambar 1 excel (2)

Dari contoh di atas saya ingin mencocokkan apakah data kelompok pertama (kolom B) sama dengan data kelompok kedua (kolom F) ?. Apabila sudah sama saya sisa menghitung selisih kolom C dan kolom G untuk mendapatkan saldo nasabah apakah naik/turun. Nah, bagaimana rumus untuk mencari data yang tidak sama ? Masukkan rumus berikut pada kolom bantu lain yang anda kehendaki.

=IF(B7405<>F7405;”beda”;”-“)

Selanjutnya copy rumus excel tersebut ke sel-sel dibawahnya menggunakan auto fill atau secara manual. Setelah anda copy paste pada masing-masing sel maka hasilnya sebagai berikut :

gambar 2 excel

Pada kolom H yang menghasilkan data “-“” artinya baris pada kolom B dan F sudah sama sedangkan yang menghasilkan data “beda” artinya datanya berbeda. Jadi dengan rumus excel  tersebut saya bisa dengan cepat mencari data yang berbeda.

Sekian, semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s