[Tutorial Windows] Convert Video menggunakan Aplikasi Format Factory

Hai kawan-kawan semua. Kali ini saya akan berbagi cara convert video menggunakan aplikasi yang bernama Format Factory. Jadi sebelumnya saya itu memiliki sebuah file video dengan type file *.vob (kalau tidak salah ini type file DVD) selain karena ukuran filenya sangat besar ternyata file tersebut sering crash kalau dijalankan. Akhirnya saya coba mencari aplikasi converter video di internet. Awalnya saya bingung mau menggunakan aplikasi apa karena di internet itu sangat banyak aplikasi converter bertebaran mulai dari yang freeware sampai shareware. Dan akhirnya saya menemukan aplikasi Format Factory.

Aplikasi Format Factory ternyata bukan hanya untuk convert file video saja, ternyata aplikasi tersebut juga dapat melakukan convert file audio, file picture, file document, DVD Ripper, join video dan audio, hingga dapat memperbaiki file video yang rusak. Nah, tipe file apa saja yang didukung oleh aplikasi ini ? yang jelasnya sangat banyak, nanti kawan-kawan silahkan dicoba langsung. Untuk mengunduhnya silahkan kunjungi URL www.pcfreetime.com/formatfactory. Berikut langkah-langkah cara convert video menggunakan Format Factory :

  • Setelah kawan-kawan unduh dan install silahkan jalankan aplikasinya. Aplikasi ini saya jalankan di Windows 10.
  • Pada bagian sebelah kiri aplikasi terdapat berbagai menu untuk convert. Karena kita ingin convert file video jadi kita pilih menu Video dan kawan-kawan tinggal pilih ke tipe file apa yang ingin diconvert. Disini saya akan pilih tipe file MP4.

FF1

  • Setelah menu MP4 terbuka kita dapat melakukan pengaturan video yang akan diconvert. Pilih menu Output setting, pada bagian profile kita dapat memilih kualitas jenis video yang akan diconvert dan pada bagian Setting kita dapat merubah beberapa parameter seperti video stream, audio stream, dan additional subtitle. Di menu output setting kita juga dapat menambahkan watermark jika kawan-kawan ingin menjaga hak cipta videonya.

FF3

  • Setelah melakukan beberapa pengaturan, kita akan memasukkan file video yang akan diconvert dengan cara pilih Add File dan cari lokasi penyimpanan file video. Dibagian bawah terdapat bagian output folder yaitu lokasi penyimpanan setelah video diconvert. Defaultny di C:\FFOutput tapi kita dapat mengganti lokasinya.

FF5

  • Setelah file video ditambahkan saatnya untuk memproses dengan cara klik start pada menu bagian atas. Lama prosesnya tergantung seberapa besar ukuran file video yang diconvert.

FF7

Demikian share saya kali ini. Semoga bermanfaat dan Terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s