Cara Logout dari WhatsApp Web dan Telegram Web

Hai kawan-kawan semua. Kali ini saya akan berbagi cara Logout dari Aplikasi WhatsApp Web dan Telegram Web. Seperti kawan-kawan ketahui dua aplikasi tersebut merupakan aplikasi messaging yang paling banyak digunakan saat ini baik untuk berkirim pesan maupun mengirim file. Aplikasi tersebut berjalan pada platform Android dan iOS namun aplikasi tersebut dapat juga dijalankan melalui browser atau biasa disebut WhatsApp Web dan Telegram Web pada PC. Kadang saya menggunakan WA Web dan Telegram Web apabila ingin upload atau download file dalam ukuran besar mengingat storage di HP saya terbatas. Nah, ada satu pertanyaan pada saat saya selesai menggunakan WA Web dan Telegram Web yaitu bagaimana cara logout nya ? Karena saat saya langsung close browsernya dan coba masuk lagi ke URL WA Web dan Telegram Web ternyata langsung terbuka tanpa harus login terlebih dahulu. Ini sangat berbahaya apabila PC kita digunakan oleh orang lain karena bisa langsung melihat isi WA dan Telegram kita. Setelah mencoba menelusuri menu-menu yang terdapat pada WA dan Telegram di HP akhirnya saya bisa logout dari web. Berikut ini langkah-langkah untuk logout dari WA web dan Telegram Web :

WhatsApp Web

  • Masuk ke aplikasi Whtasapp yang ada di HP.
  • Pilih titik tiga pada pojok kanan atas dan pilih WhatsApp Web

Screenshot_2019-05-29-06-41-00-264_com.whatsapp_LI

  • Pada bagaian Logged in devices akan muncul browser yang sedang aktif mengakses WhatsApp kita dan akan menampilkan Lokasi serta berjalan di OS apa WhatsApp kita diakses. Pilih Log out from all devices untuk menutup semua WhatsApp yang sedang aktif di Web.

Screenshot_2019-05-29-06-41-17-330_com.whatsapp

Telegram Web

  • Masuk ke aplikasi Telegram yang ada di HP.
  • Pilih garis tiga pada pojok kiri atas dan pilih Settings > Privacy and Security > Active Sessions

Screenshot_2019-05-29-06-45-17-828_org.telegram.messenger_LI

  • Di Active Sessions terdapat dua bagian yaitu Current Sessions yang menginformasikan aplikasi Telegram sedang berjalan di HP dan Active Sessions yang menginformasikan Telegram Web sedang berjalan di browser serta Lokasi dan IP Addressnya. Pilih Telegram Web dan pilih Terminate untuk menutup Telegram pada Web.

Screenshot_2019-05-29-06-46-51-023_org.telegram.messenger

  • Satu keunggulan Telegram adalah akan menginformasikan kepada kita apabila account telegram kita diakses pada device lain sehingga apabila bukan kita yang mengaksesnya kita dapat menutupnya dengan cepat.

Screenshot_2019-05-29-21-03-14-709_org.telegram.messenger

Demikian berbagi saya kali ini semoga bermanfaat dan terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s