Cara Membuat Partisi di Linux menggunakan Terminal

Hai kawan-kawan. Pada kesempatan kali ini saya ingin share cara membuat partisi di Linux menggunakan terminal. Linux yang saya gunakan disini adalah Ubuntu 18.04 LTS. Sebenarnya di Ubuntu ada software berbasis GUI untuk membuat partisi yaitu GParted. Namun menggunakan terminal bisa membuat partisi juga. Disini saya tidak menggunakan harddisk untuk ujicoba tapi saya menggunakan Flashdisk. Berikut langkah-langkahnya :

  • Sambungkan Flashdisk ke PC/Laptop
  • Masuk ke terminal kemudian ketik df -h . Perintah df -h digunakan untuk menampilkan ruang penyimpanan yang ada di harddsik atau flashdisk.
  • Sebelum membuat partisi flashdisk harus di unmount terlebih dahulu dengan cara ketik umount media/namauser/namamedia .
  • Untuk memulai membuat partisi kita menggunakan perintah fdsik. Sebelum menggunakan perintah fdisk kita harus masuk sebagai user root dengan cara ketik sudo su kemudian masukkan password. Setelah masuk sebagai root ketik fdisk dev/sdb1 . dev/sdb1 merupakan directory flashdisk yang saya gunakan.
  • Setelah masuk ke command fdisk, ketik m untuk melihat kode perintah yang bisa digunakan untuk mengelola partisi.
  • Untuk membuat partisi: ketik n dan akan muncul dua pilihan apakah akan membuat partisi primary atau secondary. Ketik p untuk primary dan e untuk secondary. Selanjutnya tentukan nomor partisi yang akan dibuat. Ketik 1 untuk membuat partisi no 1 setelah itu masukkan ukuran partisi yang ingin dibuat, misalnya 5GB ketik +5G. Untuk jumlah partisi yang bisa dibuat adalah 4. Apabila jumlah partisi primary yang dibuat adalah 4 maka kita tidak bisa membuat partisi secondary.
  •  Untuk mengganti tipe partisi: ketik t dan kemudian masukkan nomor partisi yang akan dirubah typenya. Setelah itu masukkan kode type partisi yang ingin digunakan. Untuk melihat kode type partisi ketik l. Apabila kita tidak ingin merubah type partisi secara default typenya adalah ‘Linux’
  • Untuk melihat partisi yang telah kita buat ketik p .
  • Untuk menghapus partisi yang telah kita buat ketik d dan masukkan nomor partisi yang akan dihapus.
  •  Untuk menyimpan semua konfigurasi yang telah kita buat ketik w dan apabila kita tidak ingin menyimpannya ketik q.

Demikian share saya kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s