Mengatur e-Mail Client untuk GMail

Hai kawan-kawan semua. Kali ini saya ingin berbagi cara mengatur e-mail client untuk dapat mengakses account Gmail. Email client yang saya gunakan adalah Mozilla Thunderbird. Secara default, aplikasi ini sudah ada pada OS Ubuntu. Tapi sebelumnya saya jelaskan dulu email client adalah sebuah software untuk mengelola email masuk dan keluar tanpa menggunakan browser. Dengan menggunakan email client kita dapat membaca surat masuk tanpa harus terhubung ke internet. Kita hanya butuh koneksi internet pada saat mendownload email yang masuk dan pada saat mengirm email. Disini saya menggunakan email Gmail. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka browser kamu, dan login ke Gmail
  • Masuk ke Settings pada bagian kanan atas (icon gerigi)
  • Masuk ke tab Forwading and POP/IMAP, pada bagian Status: IMAP disabled pilih Enable IMAP, setelah itu klik save changes untuk menyimpan pengaturan.
  • Selanjutnya buka aplikasi Mozilla Thunderbird. Akan muncul jendela Set Up An Existing Email Account. Isi Your name, Email Address, dan Password Gmail kamu dan selanjutya klik Continue.
  • Selanjutnya Thunderbird akan otomatis mengconfigurasi alamat IMAP dan SMTP dari Gmail. Klik Done apabila telah selesai.
  • Selanjutnya Thunderbird akan mendownload semua email pada inbox Gmail kamu dan kamu bisa membaca email tanpa harus terhubung ke internet.

Demikian share saya kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s